Header Ads

Amin Rais Peringatkan Pemilu 2019 Harus Bersih Dari Campur Tangan Asing

Pokerhost24, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyampaikan ada lima point yang bisa wujudkan Pemilu 2019 berjalan damai, transparan, serta penuh sopan santun yang tinggi.
"Pertama, mari kita berkemauan tidak membawa kemampuan asing mencampuri masalah pileg serta pemilihan presiden kita," kata Amien dalam acara ramah tamah Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo -Sandiaga di Gedung Smesco, Jakarta, Ahad, 23 September 2018.

Dia menyampaikan sampai kini Indonesia belum pernah memakai kemampuan asing dalam soal Pemilu hingga janganlah sesekali memakainya di Pemilu 2019.

Menurutnya, jika itu dikerjakan maka jadi skandal serta aib buat bangsa Indonesia.

"Ke-2, jauhi politik uang sebab mengejek rakyat serta bangsa kita, satu nasib bangsa lima tahun depan cuma dipastikan beberapa ratus ribu rupiah," katanya.

Dia membawa konsolidasi Prabowo-Sandiaga untuk mengamati praktik politik uang serta jika menemukannya berikan pada pihak kepolisian.

Ke-3 menurutnya, TNI serta Polri mesti berlaku netral dalam Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden sebab jika tidak netral maka begitu beresiko.

Dia memperingatkan TNI serta Polri mesti membaca kembali masalah 30 UUD 1945 jika TNI jadi sisi dari pertahanan nasional serta Polri jadi tulang punggung keamanan nasional.

"Menjadi kami ingatkan dengan benar-benar, jangan pernah sedetik juga TNI-Polri ikut serta dalam soal pileg serta pemilihan presiden. Ini sangat beresiko," katanya.

Ke empat menurutnya, skema Info serta Tehnologi (IT) KPU mesti betul-betul aman hingga supaya tidak berlangsung masalah "kesehatan" di Pemilu 2019.

Dia minta team konsolidasi Prabowo-Sandiaga mengamati dengan ketat IT KPU dengan lakukan audit forensik supaya tidak kecurangan di Pemilu 2019.

"Ke lima, saya mengimbau pada KPK jangan sampai jadi alat politik. KPK mesti jadi alat penegak hukum, tidak bisa jadi instansi yang menghambat keadilan," katanya.

Dia mengkritik KPK jika jika ada masalah yang berkaitan dengan konsolidasi pemerintahan, kasusnya dapat hilang atau dilindungi akan tetapi jika berkaitan partai politik lawan dikejar-kejar.

Amien memperingatkan pada KPK jika roda kehidupan berputar-putar karenanya KPK mesti menjalankan fungsinya sesuai dengan landasan hukum serta menjunjung prinsip keadilan.

"Kami akan buat perhitungan bila KPK tidak melakukan apakah yang semestinya dikerjakan," tuturnya.

Amien Rais menyampaikan jika perebutan mass media di Konsolidasi Prabowo -Sandiaga di tempat lemah akan tetapi akan kuat jika tergantung pada kuasa Tuhan, seperti dalam di kontestasi Pemilihan kepala daerah Jakarta.

Pokerhost24

Tidak ada komentar