Header Ads

Menkominfo Sebut FPI Banyak Menyebar HOAX Sejak Musibah Melanda di Palu

Pokerhost24Menkominfo menemukan sejumlah Fakta bohong atau HOAX yang berkaitan dengan bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah Donggala, Palu dan Mamuju.
"70 tim verifikator Kominfo mengklarifikasi dan verifikasi setiap isu yang oleh mesin pengais disinyalir sebagai hoax," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu melalui pesan singkat, Selasa, 2 Oktober 2018.

Yang Pertama adalah aksi yang dilakukan FPI untuk mengevakuasi korban gempa Palu. Foto-foto para relawan FPI untuk menyebar di media sosial.
Menurut Ferdinandus, foto itu bukan terjadi di Palu melainkan saat relawan FPI membantu korban longsor di Desa Tegal Panjang, Sukabumi pada 2015.

Namun pernyataan Kominfo dibantah oleh Juru Bicara FPI, Slamet Maarif. Menurut dia, foto yang beredar di media sosial itu adalah benar.
"Fakta di lapangan dan bukti yang ada, FPI sudah ada di Palu sejak terjadinya bencana," katanya saat dihubungi Tempo, Selasa, 2 Oktober 2018.

Kedua Berita Hoax lainnya menurut Kominfo, adalah Wali Kota Palu meninggal. Kabar ini beredar di jaringan internet baik melalui situs maupun media sosial dan platform pesan. Sedangkan faktanya, menurut Ferdinandus, Wali Kota Palu Hidayat tidak meninggal dan kini turut melakukan aksi tanggap darurat gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah.

Selanjutnya Ketiga Bendungan Bili-Bili di Kabupaten Gowa retak juga Adalah HOAX karena faktanya bendungan tersebut Masih dalam keadaan normal dan terkendali setelah diperiksa oleh pihak Polsek Mamuju Gowa.

Keempat ,Ditemukan juga korban musibah yang merupakan foto kejadian gempa tsunami aceh 26 Desember 2004, tetapi disebarluaskan kembali sebagai dokumentasi korban gempa dan tsunami di Palu.

Kelima Adanya gempa bumi susulan juga merupakan HOAX. Kepala Humas BNPB S.P.Nugroho melakukan konfirmasi tidak ada satu pun negara dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti.

Keenam Informasi penerbangan gratis dari Makassar menuju Palu untuk keluarga korban merupakan HOAX karena pesawat Hercules TNI AU yang menuju ke Palu lebih diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis dan obat-obatan.


Sedangkan pemberangkatan dari Palu diprioritaskan untuk mengangkut pengungsi diutamakan lansia, wanita dan anak-anak serta pasien ke Makassar.

"Kominfo mengimbau seluruh warga untuk tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya"
Pokerhost24

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus